SYOK KARDIOGENIK

Banyak orang yang belum mengetahui apa saja yang termasuk dalam penyakit jantung. Syok Kardiogenik salah satunya, syok kardiogenik adalah bukan syok biasa yang dapat disepelekan kehadirannya, berikut saya akan menjelaskan apa itu syok kardiogenik, apa penyebabnya, dan pengobatannya.

BELAJAR – Syok kardiogenik adalah salah suatu penyakit yang termasuk dalam golongan penyakit jantung, dimana kondisi jantung tidak dapat mencukupi pasokan darah yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Gangguan yang ada pada jantung terjadi secara mendadak sehingga termasuk dalam komplikasi penyakit serangan jantung, dan membutuhkan pertolongan/pengobatan segera mungkin.

Gejala syok kardiogenik juga dapat diketahui sejak dini, gejala syok kardiogenik identik atau mirip dengan gejala gagal jantung.

-Nafas pendek dan cepat

-Takikardia (jantung berdebar)

-Nyeri dada

-Hilang kesadaran atau pingsan

-Frekuensi buang air kecil atau bahkan tidak buang air kecil sama sekali

-Denyut nadi melemah

-Pucat, kaki dan tangan terasa dingin.

-Linglung, Gelisah dan berkeringat

Jika mengalami gejala – gejala yang ada diatas segeralah menghubungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut, khususnya untuk lansia yang pernah menderita serangan jantung, jantung koroner, hipertensi dan diabetes.

 

Penyebab Syok Kardiogenik adalah kurangnya aliran darah yang mengalir ke pembuluh darah koroner (pembuluh darah yang mensuplai oksigen untuk jantung), yang akan merusak ventrikel kiri, yaitu ruang jantung yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Pemicu utama dari penyakit Syok Kardiogenik, Syok Kardiogenik terjadi karena kondisi jantung tidak dapat memompa darah secara optimal.

 

 

Diagnosis Syok Kardiogenik:

  • Pemeriksaan tekanan darah
  • Elektrokardiogram (EKG)
  • Rontgen Dada
  • Tes Darah
  • Ekokardiografi
  • Angiografi koroner atau Kateteritasi jantung

Pengobatan yang perlu dilakukan penderita Syok Kardiogenik yaitu penderita memerlukan oksigen tambahan untuk meminimalisir kerusakan pada jantung dan organ lainnya serta dibutuhkan juga vemtilator untuk alat bantu nafas. Obat obatan dan cariran lainnta dimasukan melalui infus. Obat – obatan yang digunakan dalam proses penyembuhan memiliki 2 manfaat yaitu meningkatkan tekanan darah dan juga memperbaiki fungsi pompa jantung.

Dalam kasus aritmia yang berbahaya, terapi kejut jantung dengan defribilasi atau kardioversi akan diberikan.